Begini Tips Cara Tidur Pulas Tanpa Mendengkur

0
33
Tidur Pulas

Mendengkur atau kerap disebut juga mengorok sering dianggap sebagai gangguan saat tidur. Begini Tips Cara Tidur Pulas Tanpa Mendengkur

Dengkuran saat tidur ditengarai karena disebabkan oleh beberapa hal, seperti riwayat keluarga, punya amandel besar yang dapat mempersempit jalan nafas, kelebihan berat badan, atau mengonsumsi minuman keras.

Selain itu, ada beberapa faktor yang juga diyakini mempengaruhi orang mendengkur, seperti masalah pada hidung atau saluran pernafasan, dan juga posisi tidur. Lalu, bagaimana jika ingin menghentikannya? Dilansir dari Medical Daily, ada cara alami untuk mengurangi dan menghentikan kebiasaan mendengkur.

1. Ubah Posisi Tidur

American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons (AAOMS) mengungkapkan orang kerap mendengkur ketika ia tidur terlentang. Para peneliti menyarankan agar mengubah posisi tidur dengan menyamping supaya tidur lebih nyaman. Posisi ini akan membuat pangkal lidah tidak bersinggungan dengan tenggorokan yang menimbulkan masalah dengan pernapasan.

2. Tinggikan Posisi Kepala

Saat tidur, biasakan kepala diletakkan di posisi yang lebih tinggi. Hal ini bertujuan untuk melancarkan pernapasan. Discovery Health menyarankan untuk mengangkat kepala tempat tidur dengan meletakkan blok dibawah kasur. Cara yang lebih sederhana dengan menopang tubuh bagian atas dengan menggunakan bantal.

Saat Berpuasa, Seberapa Penting Konsumsi Vitamin dan Suplemen?

3. Minum Air Putih yang Cukup

Tubuh kita membutuhkan air karena hampir seluruh bagian tubuh bekerja dengan air. Kalau asupan air di dalam tubuh kita cukup, tubuh akan terhidrasi. Sebaliknya, kita akan mengalami dehidrasi kalau air di tubuh kita kurang. Dehidrasi bisa menjadi pemicu munculnya suara dengkuran saat tidur. Itu karena di bagian langit-langit mulut kita ada lendir yang bisa mengental kalau kita dehidrasi.

4. Hindari Alkohol dan Obat Penenang

Alkohol dan obat penenang akan membuat otot-otot lidah dan tenggorokan semakin rileks, sehingga sangat besar kemungkinan akan mendengkur. Sebaiknya tidak mengkonsumsi alkohol tiga sampai lima jam sebelum tidur.

5. Ganti Bantal

Mendengkur bisa disebabkan oleh alergi pada debu atau tungau yang ada pada bantal. Sebaiknya jaga kebersihan bantal yang digunakan saat tidur dan gantilah bantal secara rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here