Kecanduan Smartphone? Awas, Bisa Jadi Anda Mengidap Nomophobia!

0
36
Nomophobia

Apakah Anda merasa hampa atau bahkan panik jika berada jauh dari smartphone? Kecanduan Smartphone? Awas, Bisa Jadi Anda Mengidap Nomophobia!

Dunia terasa ‘kiamat’ karena merasa tidak terhubung dengan banyak orang dan kehilangan banyak informasi?

Bila begitu kondisinya, mungkin Anda sudah mengidap Nomophobia: merasa kehilangan atau rasa takut berlebihan ketika berada jauh dari smartphone. Nama Nomophobia sendiri muncul empat tahun lalu dari hasil studi yang dirilis oleh para psikolog di Inggris. Sejak saat itu penelitian terkait Nomophobia terus berlanjut hingga kini.

Berdasarkan survei yang dirilis situs berita Huffington Post pada September 2013, 64% penggunaan telepon pintar berusia muda antara 18-29 tahun diketahui selalu tertidur dengan membawa smartphone atau tablet ke tempat tidur.

Tips Jitu Memilih Laptop yang Tepat untuk Kerja Kantoran

Teknologi di smartphone memang telah membuat dunia semakin kecil, karena hampir semuanya bisa Anda dapatkan via smartphone. Mencari informasi berita, mengecek saldo rekening, mengirimkan dan menerima email, beriteraksi di social media, memotret, dll, semuanya bisa dilakukan dengan smartphone.

Tanpa Anda sadari, perubahan perilaku akibat penggunaan smartphone sudah Anda alami sendiri. Perubahan perilaku ini bahkan tanpa memandang usia, jenis kelamin, etnis, karir atau status sosial ekonomi.

Hampir di semua tempat kita melihat orang tak bisa lepas dari perangkat smartphone-nya. Dari sejak bangun tidur dipagi hari, hingga mau tidur di malam hari, orang masih tetap tak bisa lepas dari smartphone miliknya.

Bahkan kini ritual berdoa sebelum makan telah berubah, karena orang kini lebih suka mengambil smartphone untuk memotret makanannya untuk diposting di berbagai jejaring sosial. Ya, hal ini pasti sudah pernah Anda lakukan, bukan?

Anda pengguna smartphone tentu sudah merasakan bagaimana “besarnya cinta” Anda pada perangkat smartphone. Smartphone seakan tidak bisa lepas dari genggaman dan akan selalu menemani kemanapun Anda pergi, baik saat kerja, rapat, makan, tidur, bahkan saat mandi dan buang air besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here