Kenapa Mimpi Basah Bisa Terjadi Secara Tiba-tiba?

0
367
Mimpi Basah

Memasuki masa pubertas seorang pria biasanya akan mengalami mimpi basah. Kenapa Mimpi Basah Bisa Terjadi Secara Tiba-tiba?

Mimpi basah atau nocturnal emission adalah ejakulasi yang terjadi pada saat seorang pria tertidur. Umumnyan pada saat itu, pria bermimpi melakukan hubungan seksual. Ejakulasi saat mimpi basah bisa terjadi tanpa rangsangan tertentu. Mimpi basah biasanya terjadi berbarengan dengan ereksi di pagi hari.

Ejakulasi atau pengeluaran air mani (cairan yang mengandung sperma) secara tidak sengaja keluar dari penis saat sedang tidur. Mekanisme mimpi basah adalah ketika sperma yang ada dalam kantung sperma telah penuh dan akhirnya dikeluarkan melalui penis.

Mimpi basah normal dialami oleh seorang laki-laki yang sudah menginjak masa puber/remaja. Hal ini dipengaruhi oleh hormon testosteron sebagai hormon pengendali produksi sperma. Mimpi basah juga merupakan tanda atau ciri primer dari masa pubertas seorang laki-laki.

Begini Tips Cara Tidur Pulas Tanpa Mendengkur

Mimpi basah merupakan respon normal dan alami tubuh terhadap perubahan hormonal, sebagaimana haid pada tubuh wanita. Mimpi ini tidak memiliki risiko kesehatan maupun gangguan kesuburan di masa yang akan datang. Mimpi basah merupakan tanda bahwa seorang pria telah memasuki pubertas dan akan menjadi pria dewasa dalam waktu beberapa tahun ke depan.

Mimpi basah umumnya mulai diawali pada masa-masa menjelang remaja atau pubertas. Saat itu tubuh pria mulai memproduksi hormon testosteron yang akan memproduksi sperma. Pada masa itu, tubuh seseorang lelaki mengalami beberapa perubahan secara alami.

Sekitar usia 13 tahun, penis pada remaja pria mulai berkembang dan memanjang. Testis juga mengalami perkembangan. Bersamaan dengan perubahan tersebut, remaja juga akan mengalami pertumbuhan rambut kemaluan yang makin tebal dan menyebar pada sekitar alat kelamin.

Perubahan yang menyertai masa pubertas antara laki-laki dan perempuan berbeda. Masa pubertas yang dialami oleh perempuan biasanya lebih cepat dibandingkan dengan laki-laki. Masa pubertas umumnya terjadi pada rentang usia 10-16 tahun.

Berapa kali seseorang mengalami mimpi basah sangatlah bervariasi. Setidaknya 70% pria berusia 21-25 tahun yang belum menikah pernah mimpi basah. Umumnya pria berusia produktif, yaitu dari usia remaja hingga usia 30an, lebih sering mengalami mimpi basah.

Namun pria yang berusia lebih tua juga masih bisa mendapat mimpi basah.
Salah satu yang menjadi pemicu mimpi basah adalah minimnya aktivitas seksual, terutama pada pria yang belum memiliki pasangan.

Seberapa sering seorang pria mengalami mimpi basah diduga juga berkaitan dengan masturbasi. Secara umum, mimpi basah paling banyak dialami pria yang jarang melakukan masturbasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here