Peringati MayDay, Ini 5 Monumen Buruh Paling Terkenal di Dunia

0
81
MayDay

Tanggal 1 Mei yang bertepatan dengan Hari Buruh Internasional tidak selalu diperingati dengan unjuk rasa. Peringati MayDay, Ini 5 Monumen Buruh Paling Terkenal di Dunia

Di beberapa negara, tanggal 1 Mei diperingati dengan diadakannya libur nasional sebagai bentuk penghormatan kepada kaum pekerja. Tidak hanya itu, bahkan beberapa di antaranya mendirikan monumen sebagai penghormatan yang besar kepada jasa buruh untuk memajukan negara.

Berkunjung ke monumen buruh juga seru. Mau?

1. Workers Monument, Kanada

Di Kanada, monumen buruh juga dibangun sebagai wujud penghargaan bagi para pekerjanya. Berlokasi di Taman Simcoe, Ontario, Workers Monument dibangun dengan bentuk yang cukup unik dengan dua bagian yang terpisah yang disebut 100 Workers and Anonymity of Prevention.

Monumen pertama adalah monumen 100 pekerja. Monumen ini terdiri dari dua dinding 1 meter yang terbuat dari ubin granit merah yang dipoles. Di atas dinding ada 100 plakat yang bertuliskan nama pekerja yang meninggal di tempat kerja.

Monumen kedua adalah Anonymity of Prevention. Monumen ini beda dari monumen sebelumnya karena berupa patung perunggu. Patung ini menggambarkan seorang pria yang mengenakan pakaian kerja sambil berlutut dengan satu kaki, sambil memahat dinding 100 pekerja.

2. The Labor Monument, AS

Daratan Amerika ternyata memiliki banyak monumen buruh. Setelah Kanada, kini giliran Philadelphia. Diresmikan pada tahun 2010, monumen buruh di Philadelphia ini diberi nama The Labour Monument. Didirikan di atas Taman Elmwood, karena sekitar abad ke-19 taman ini digunakan sebagai tempat berkumpul para buruh. Untuk mengenang, dibuatlah monumen di atas taman ini.

Monumen buruh dibuat untuk penghargaan atas kontribusi pekerja di Philadelphia. Jalanlah ke tengah taman, dan Anda pun bisa melihat kursi yang disusun melingkar dengan meja bulat di tengahnya. Ternyata, ini bukanlah meja biasa, melainkan plakat bulat mirip kancing.

Plakat-plakat ini mewakili tokoh buruh yang berjasa di Philadelphia, antara lain plakat untuk aktivis buruh Philadelphia, Reformasi untuk buruh anak di bawah umur, dan juga The Wobblies atau para buruh industri di dunia.

3. The Triumph of Labour, India

Dari daratan Amerika, kita beralih ke Asia. The Triumph of Labour adalah monumen buruh yang ada di Asia, tepatnya Chennai, India. Monumen yang berada dekat dengan Pantai Marina dibangun dalam bentuk patung pada tanggak 25 Januari 1950. Monumen ini juga didirikan sebagai bentuk pengakuan adanya hak buruh di India.

The Triumph of Labour menggambarkan empat orang pria pekerja keras yang sedang memindahkan batu. Patung ini menggambarkan kegigihan dan kerja keras para pekerja di India. Ternyata, The Triumph of Labour bukan hanya sebuah monumen, tetapi juga landmark Chennai. Jadi, belum lengkap rasanya jalan ke Chennai kalau belum datang ke monumen ini.

Hindari Sederet Menu Makanan Ini Untuk Santap Sahur

4. The Monument to the Korean Workers Party, Korea Utara

Monumen buruh sebagai tanda resmi didirikannya partai buruh di Korut dibuat dengan arsitektur menarik di Pyongyang. Tiga buah patung berbentuk tangan sambil memegang palu, arit dan kuas berdiri dengan gagahnya. Palu diartikan sebagai para buruh, arit untuk para petani, dan kuas yang berada di keduanya melambangkan intelektual.

Monumen setinggi 50 meter ini didirikan pada tahun 1995, sekaligus monumen buruh paling tinggi di dunia. Jika melihat ke bawah monumen, Anda bisa melihat sebuah tulisan yang dicetak timbul. Tulisan ini adalah slogan “Long live the Workers’ Party of Korea which organizes and guides all victories for the Korean people!”. Monumen ini memang sengaja dibuat untuk menjunjung tinggi kehidupan buruh di Korut.

5. Worker and Kolkhoz Woman, Rusia

Di Eropa, ada negara Rusia yang memiliki monumen buruh, “Worker and Kolkhoz Woman” namanya. Monumen berupa patung ini setinggi 24,5 meter ini, menggambarkan seorang pria dan wanita yang sedang mengangkat palu dan arit.

Sama seperti monumen di Korea Utara, monumen di Rusia juga memiliki arti palu yang mewakili kaum buruh dan arit mewakili kaum petani. Jika ingin melihatnya, Anda bisa datang ke Rusia Exhibition Center di Moskow.

Selamat Hari Buruh…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here