Tips Gelar Press Conference Bagi Brand dan Perusahaan

0
55
Perusahaan

Public Relations (PR) atau kehumasan memilki peran penting sebagai “penyambung lidah” dari institusi. Tips Gelar Press conference Bagi Brand dan Perusahaan

Press conference merupakan hal terpenting dalam suatu perusahaan atau brand, terlebih fungsinya adalah untuk membangun hubungan dengan media. Normalnya, press conference dilakukan secara offline di sebuah hotel, kafe, meeting room perusahaan, atau press room dalam sebuah event seperti pameran.

Namun situasi saat ini ketika terjadi pandemi COVID-19 dengan himbauan untuk Work From Home (WFH) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memaksa sebagian besar orang untuk bekerja dari rumah sehingga praktisi PR harus kreatif dalam menggelar sebuah press conference.

Beruntung di era digital saat ini, berbagai layanan video conference call bisa digunakan sebagai alternatif untuk menggelar press conference secara online. Meski tidak dapat bertatap muka secara langsung dan interaksi antara jurnalis dan narasumber terbatas, metode ini menjadi sebuah langkah yang cukup efektif bagi praktisi PR untuk tetap menyelenggarakan press conference selama pandemi ini.

Tawaran Menarik dari OPPO Paket Bundling Reno3 Series dengan Enco W31

Ada dua hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan/ brand yang akan melakukan virtual press conference agar dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar.

Pilih Aplikasi yang Aman dan Mudah Digunakan.

Ketika masa WFH, sebagian besar perkantoran, perusahaan atau brand menggunakan aplikasi video conference call versi gratis sebagai pilihan termudah dalam menggelar video conference call. Namun adanya isu keamanan terkait pencurian data atau adanya penyusup yang tiba-tiba masuk ke dalam video conference call yang sedang berlangsung yang menerpa aplikasi meeting tersebut membuat penggunanya berpikir ulang untuk memakainya lagi. Jadi, pastikan aplikasi video conference call yang akan kita gunakan adalah versi berbayar sehingga lebih aman dan lebih optimal aksesnya.

Usahakan Memilih Aplikasi yang Ringan.

Selain faktor keamanan, sebaiknya perhatikan juga sisi kenyamanan, terutama dalam hal koneksi internet. Aplikasi video conference call yang memiliki fitur tidak terlalu kompleks biasanya lebih ringan saat dijalankan sehingga tidak membebani kuota internet peserta. Host akan bertindak sebagai tuan rumah yang akan menggelar virtual press conference perlu mencoba aplikasi video conference call terlebih dahulu, kita perlu mengingat bahwa tidak semua peserta memiliki koneksi internet yang stabil di rumah.

Tips dan pengalaman dari SEQARA Communications semoga dapat membantu penyelenggaraan virtual press conference dari para konsultan PR, perusahaan, perkantoran, atau brand agar bisa berjalan dengan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here